Cara Membuat Arang Aktif Sederhana dan Cara Memakainya

Hai, pada artikel ini saya akan membahas Cara Membuat Arang Aktif Sederhana dan Cara Memakainya. Simak yuk.

Bagian 1 : Membuat Arang

cara membuat arang aktif sederhana

1. Buat api berukuran sedang di area aman.

Api unggun merupakan salah satu cara termudah untuk membuat arang aktif, namun kamu dapat melakukannya di rumah. Api harus cukup panas untuk membakar kayu.
Berjaga-jagalah ketika memulai api dan menyiapkan pemadaman api di dekat Anda.

2. Masukkan kayu keras berukuran kecil ke kuali.

Jika tidak ada kayu keras, kamu dapat menggantinya menggunakan bahan tanaman berserat lainnya yang cukup padat, seperti tempurung kelapa. Masukkan kayu keras ataupun bahan tanaman ke dalam kuali logam, kemudian pasang tutupnya.

Tutup kuali harus mempunyai lubang udara, walau aliran udara di dalam kuali perlu dibatasi selama proses. kamu dapat menggunakan ketel masak yang biasa dipakai untuk berkemah, sehingga udara bisa keluar melalui cerat.
Bahan yang perlu dibakar sebelum dimasukkan ke kuali.

3. Masak kuali di api terbuka selama sekitar 3 sampai 5 jam untuk membuat arang.

Ketika bahan dimasak, Anda akan melihat keluarnya secepatnya dan gas dari lubang ventilasi tutup kuali. Hal ini akan membakar semua bahan pada bahan, kecuali karbon (arang) di dalamnya.
Ketika tidak ada lagi asap ataupun gas yang keluar dari kuali, arang telah selesai dimasak.

4. Bersihkan arang dengan air kalau sudah dingin.

Sekarang, arang di dalam kuali akan panas terus untuk sementara waktu. Tunggulah sampai arang mendingin. Ketika cukup dingin untuk disentuh, pindahkan karbon ke wadah bersih dan bilas dengan air dingin untuk membersihkan sisa-sisa serpihan yang tersisa, kemudian buang airnya.

5. Giling arang.

Pindahkan arang yang dibersihkan ke lumpang lalu pakai untuk menumbuknya hingga menjadi bubuk halus. Kalau tidak, masukkan arang ke kantong plastik yang kuat dan hancurkan bubuk dengan palu.

6. Biarkan bubuk arang kering sepenuhnya.

Jika kamu menggunakan kantong plastik, pindahkan bubuk ke dalam mangkuk bersih; kalau tidak, biarkan di lumpang. Dalam waktu selama 24 jam, bubuk akan kering.
Pastikan kekeringan arang memakai jari; bubuk kering sepenuhnya sebelum dipindahkan.

Baca Juga : Mesin Briket Arang Kelapa

Bagian 2 : Mengaktifkan Arang

cara membuat arang aktif sederhana

1. Campurkan kalsium klorida dengan air dalam rasio 1:3.

Hati- hati ketika mencampurkan zat ini karena larutannya akan sangat panas. Anda hanya membutuhkan solusi yang cukup untuk sepenuhnya merendam arang. Untuk jumlah arang ukuran normal, campuran 100 gram kalsium klorida dengan 310 ml air seharusnya sudah cukup.
kalsium klorida dapat dibeli di kebanyakan toko perangkat keras dan eceran besar.

2. Gunakan pemutih atau sari lemon sebagai pengganti larutan kalsium klorida.

Kalau tidak dapat memperoleh kalsium klorida, kamu dapat menggantinya menggunakan pemutih ataupun sari lemon. pilihan antara 310 ml pemutih atau 310 ml sari lemon.

3. Aduk larutan kalsium klorida dan bubuk arang.

Pindahkan bubuk arang ke dalam mangkuk baja antikarat ataupun kaca. larutan kalsium klorida ke bubuk sedikit demi sedikit selagi mengaduknya menggunakan sendok kayu.
Ketika campuran menyerupai pasta, berhentilah menuangkan larutan.

4. Tutupi mangkuk dan diamkan arang selama 24 jam.

Tutupi menyediakan dan tidak membiarkan apa-apa. Setelah itu, kuras sebanyak mungkin kelembapan dari mangkuk. Pada titik ini, arang berada dalam keadaan basah, namun tidak kuyup.

5. Masak arang selama 3 jam lagi untuk mengaktifkannya.

Kembalikan arang ke kuali logam yang telah dibersihkan dan taruh kembali ke api. Sesudah dimasak pada suhu ini selama 3 jam, arang akan aktif.

Bagian 3 : Memakai Arang Aktif

cara membuat arang aktif sederhana

1. Pahami cara kerja arang aktif.

Arang aktif berguna untuk mengatasi bau tidak sedap, bakteri, polutan, dan alergen dari udara dan udara. Arang bisa menjebak bau, racun, bakteri, alergen, polutan, serta bahan kimia ke banyak pori- pori kecil didalam arang.

2. Murnikan udara dalam rumah.

Bungkus arang aktif didalam lembar atau kain linen, kemudian letakkan arang di tempat yang dibutuhkan. Tetapi, jika tidak punya linen, cari kain dengan anyaman rapat serta breathable (beraliran udara lancar), seperti katun.

Usahakan tidak memakai kain yang berbau deterjen atau pemutih. Arang juga akan menyerap bau ini dan juga menguangi efektivitasnya.
Untuk memurnikan udara, menempatkan kipas sehingga udara di atas arang. Udara yang melewati arang akan dimurnikan.

3. Buat filter udara dengan mengisi arang ke kaus kaki.

Harga filter air komersial bisa cukup mahal, tapi Anda bisa membuat filter air sendiri dengan biaya rendah untuk memurnikan air. Siapkan kaus yang tidak berbau detergen atau pemutih, masukkan arang aktivasi, dan bersihkan air dengan menuangkannya ke dalam kaus kaki.

4. Buat masker wajah arang-liat.

Campurkan 30 ml tanah liat bentonit, sendok teh (2,5 ml) arang aktif, 1 sendok makan (15 ml) kunyit, 2 sendok makan (30 ml) cuka apel sider, dan 1 sendok teh (5 ml) madu. Kemudian, tambahkan sedikit air setiap kali kali campuran tampak halus.

Masker ini mampu menarik racun dan membuka pori-pori.
Bahan-bahan masker ini alami sehingga aman bagi hampir semua jenis kulit.
Oleskan masker kedalam lapisan tebal di wajah lalu biarkan selama 10 menit, dan bilas hingga bersih.

5. Rawat kembung dan gas memakai arang aktif.

Campurkan 500 mg bubuk arang aktif menggunakan 350 ml air. Minum campuran ketika sebelum makan penghasil gas, atau mulai merasa kembung atau bergas untuk meringankan gejala.
Campurkan arang aktif dengan jus nonasam (misalnya wortel) rasanya rasanya enak. Jauhi jus asam yang mengurangi efektivitas arang aktif.

Nah Itulah Cara Membuat Arang Aktif Sederhana dan Cara Memakainya. Cukup dari saya, semoga membantu dan terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *