Cara Membuat Sempol Ayam Crispy

Hai kawan-kawan semuanya, Pada kesempatan dan artikel kali ini saya akan membagikan kepada kawan-kawan sekalian semua cara membuat sempol ayam crispy, yang tentu saja, kalian semua bisa mengikuti langkah-langkahnya dan membuatnya sendiri di rumah dengan jumlah berapapun.

Seperti biasa, sebelum saya masuk ke pembahasan cara membuat sempolnya, saya ingin sedikit membahas tentang sempol ayam. Semoga bermanfaat bagi sobat semua yang sedang tertarik dengan jajanan sempol ini.

Langsung saja tanpa perlu banyak kata serta basa-basi lagi, berikut ini adalah pembahasan tentang jajanan sempol ayam.

Sempol Ayam

cara membuat sempol ayam crispy

Masih adakah teman-teman sekalian di saat ini yang belum tahu apa itu sempol ayam?, nama jajanan ini diambil dari nama salah satu desa yang ada di kecamatan Pagak yaitu desa Sempol. Jajanan sempol ini adalah jajanan yang terbuat dari tepung tapioka yang dipadukan bersamaan  dengan telur.

Jajanan ini sendiri memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan juga rasa yang gurih saat dikonsumsi, terlebih lagi sempol ini biasanya juga dihidangkan dengan tusuk sate yang panjang dan disantap dengan saus cair baik itu sambal atau tomat.

Camilan Sempol ini bisa dibilang cukup terjangkau karena Sempol umumnya dibanderol antara Rp 500-1000 per tusuknya. Cukup murah bukan?,  dan juga jajanan ini bikin kenyang juga, coba 10 tusuk sate aja udah kenyang hehe.

Cara Membuat Sempol Ayam Crispy

cara membuat sempol ayam crispy

Setelah tadi kita membicarakan sedikit tentang hal seputar sempol ayam, sekarang saya akan membicarakan tentang cara membuat sempol ayam crispy ini.

Tentunya dengan cara yang sederhana dan bertahap sobat, jadi tidak perlu khawatir jiki kalian tidak bisa mengikuti dan membuatnya di rumah. Selain itu, bahan baku pembuatan sempol ini juga mudah ditemukan di berbagai daerah, pastinya daerah sobat pun pasti juga mudah ditemukan.

tanpa perlu banyak pembahasan dan basa-basi lagi, berikut ini cara membuat sempol ayam crispy

Bahan-bahan :

  • 250 gram daging ayam giling (sebagai alternatif kalian juga bisa menggunakan daging fillet)
  • 100 gram tepung sagu atau tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1 batang seledri, diiris halus
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Lada bubuk (secukupnya)
  • Minyak goreng secukupnya (digunakan untuk menggoreng)
  • Tusuk sate (seperlunya saja)

Bahan Pelapis :

  • 50 gram tepung panir
  • 1 butir telur kocok dengan sejumput garam

Tahap Cara Pembuatan :

  1. Potong2 daging ayam, masukkan dalam blender, proses sampai halus.

  2. Masukkan bawang putih, bawang goreng, telur, tepung sagu, daun bawang, seledri, garam, gula dan lada bubuk, lakukan proses pencampuran lagi menggunakan blender sampai semua bahannya tercampur rata.

  3. Selanjutnya, lumuri tangan dengan minyak goreng, dan ambil 1 sdm adonan, kemudian dilanjutkan dengan membentuk bulat lonjong dan tusuk dengan tusuk sate, lakukan sampai habis.

  4. Setelah itu, lakukan perebusan air untuk mendidihkan air dan rebus adonan sempol sampai matang dan mengapung, angkat, tiriskan dan dinginkan.

  5. Setelah dingin, kalian bisa mencelupkan adonan sempol dalam kocokan telur, dan juga gulingkan kedalam bread crumbs sampai rata, lakukan sampai habis.

  6. Selanjutnya, lakukan pemanasan minyak goreng yang sudah disiapkan, dan dilanjutkan dengan memasukkan sempol. Kemudian goreng sampai matang atau muncul warna kekuningan, angkat, tiriskan, dan sajikan segera dengan cocolan menggunakan saus cocolan.

    Itulah tadi artikel terkait dengan cara membuat sempol ayam crispy, saya mengharap artikel kali ini bisa membantu sobat-sobat semuanya yang sedang tertarik atau membutuhkan informasinya.

    Dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lain yang terdapat pada website ini ya kawan kawan, sampai jumpa dilain kesempatan !.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *