Cara Membuat Steak Sapi Empuk

Steak merupakan makanan yang cukup mahal, meskipun saat ini steak tidak hanya dihidangkan di restoran mahal. Melainkan ada juga beberapa pedagang kaki lima yang menyajikannya. Cara membuat steak sapi empuk tentunya tidak terlalu sulit untuk kita praktekkan sendiri dirumah.

Steak bisa dibuat dari berbagai jenis daging tertentu misalnya saja daging sapi, daging domba, faging kambing bahkan bisa juga dari daging ayam. Tetapi memang jenis steak daging sapi yang paling banyak diminati oleh masyarakat dunia secara umum.

Kali ini saya akan mengulas tentang cara membuat steak sapi empuk  untuk disajikan bersama keluarga tercinta. Steak ini dijamin lembut serta sangat terasa juicy dagingnya. Bumbu yang dipakai juga tergolong cukup sederhana untuk membuat Anda dan keluarga puas ketika menikmatinya. Ketika kita memanggang steak usahakan untuk memakai grill pan.

Namun jika Anda memakai pembakaran dari arang, pastikan bahwa jarak daging tidak terlalu dekat dengan arangnya. Hal ini supaya steak dapat matang merata dan dengan sempurna. Sebelum menuju resep cara membuat steak sapi empuk alangkah baiknya simak cara memilih daging untuk steak berikut ini lebih dulu.

Cara Memilih Daging Sapi Terbaik Untuk Steak

Sebelum memulai memasak cara membuat steak sapi empuk dan enak, ada baiknya, cari tahu dulu cara memilih daging sapi terbaik, untuk membuat steak. Pasalnya, tidak semua bagian daging sapi bisa Anda jadikan steak. Yuk ikuti tips berikut ini:

Mengenal Jenis Steak Terbaik dari Bagian Tubuh (Daging Sapi)

Jika Anda sering ke supermarket pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis daging yang namanya berasal dari bagian tubuh hewan. Diantaranya adalah Chuck, tulang rusuk, Pinggang Pendek, Piring, Sandung lamur, sayap, Sirloin Bawah, Putaran, dan Shank

Menentukan Jenis Daging Sapi

Daging steak (khususnya daging sapi), biasanya dijual dalam berbagai bentuk, jenis, dan ukuran, dengan harga dan teknik penyajian yang berbeda. Anda bisa memilih jenis daging Flat Iron atau Flank Steak, untuk membuat steak cukup banyak.

Atau bisa juga memilih jenis Porterhose atau Bone-in Rib-Eye yang memiliki ukuran lebih tebal. Untuk jenis New York Steak juga memiliki potongan yang lebih tebal, dan jenis daging ini dapat digunakan untuk berbagai macam masakan.

Perhatikan Warna, Bau, dan Tekstur Daging Steak Terbaik

Perlu diketahui bahwa warna, bau, dan tekstur dapat mempengaruhi kualitas steak. Meski begitu, ternyata beberapa jenis daging memang memiliki warna merah yang sedikit berbeda dari lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakan oleh hewan tersebut.

Nah, disini kamu bisa memilih daging dengan warna merah tua, dimana warna merah tua itu didapat dari sapi pemakan rumput. Meskipun warna daging dapat berubah warna, karena oksidasi saat sampai di supermarket, hal ini tidak mengubah kualitasnya.

Selain itu, pastikan Anda memilih daging yang berbau segar, dan jangan memilih daging yang berbau asam, busuk, atau berbau amoniak. Selanjutnya, tekstur juga penting, karena jika Anda menemukan daging yang memiliki tekstur lengket saat disentuh, maka daging tersebut tidak segar. Pastikan, tekstur dagingnya kenyal dan juga kencang.

Perhatikan Lemak Daging

Lemak putih terdapat pada daging sapi, atau yang disebut dengan marbling. Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan lemak pada dagingnya, karena ternyata marbling adalah sumber rasa dan kelembutan steak. Dimana, sapi yang diberi makan rumput akan menghasilkan marbling yang paling enak.

Perhatikan kemasan, tanggal kadaluarsa, serta kondisi dagingnya

Daging sapi umumnya dijual dalam kemasan styrofoam yang dibekukan di lemari es. Nah, di sinilah Anda harus ekstra hati hati memperhatikan kemasan, tanggal kadaluarsa yang terdiri dari (tanggal kemasan, tanggal pembekuan atau tanggal penggunaan), hingga kondisi dagingnya.

Jika Anda ragu dengan kesegaran daging dalam kemasan, Anda bisa bertanya kepada petugas supermarket mengenai kesegaran dagingnya. Pasalnya, banyak supermarket yang melakukan pengemasan ulang, supaya dagingnya masih terlihat baru.

Cara Membuat Steak Sapi Empuk

cara membuat steak sapi empuk

Bahan yang dibutuhkan

  • Daging has dalam 400 gram (iris tipis kemudian pukul pukul)

Bahan rendaman

  • Bawang putih 3 siung (haluskan dahulu)
  • Minyak goreng 3 sdm
  • Gula pasir 1 sdt
  • Garam halus secukupnya

Bahan pelengkap

  • Air bersih 25 ml
  • Wortel besar 1 buah (potong potong selanjutnya rebus)
  • Kentang 2 buah (potong potong kemudian goreng)
  • Kembang kol 1 kuntum (potong potong kemudian rebus)
  • Daun selada keriting secukupnya

Cara membuat steak daging sapi

  1. Pertama tama kita buat daging steak nya terlebih dahulu. Campur semua bahan rendaman dalam wadah kosong kemudian masukkan daging steak.  Diamkan daging dalam dan letakkan di dalam kulkas selama satu malam. Proses ini dilakukan untuk membuat daging steak menjadi kaya akan bumbu dan membuat rasanya lebih terasa.
  2. Siapkan pemanggang dari bara atau grill pan jangan lupa olesi dengan margarin atau mentega supaya tidak menjadi gosng saat dipanggang.
  3. Panggang daging steak yang sudah direndam tadi sampai matang. Untuk tingkat kematangannya bisa di sesuaikan dengan selera dan keinginan anda. Misalnya hanya setengah matang atau benar benar matang. Jangan lupa untuk membolak balik supaya semua sisi daging matang dengan merata. Angkat kemudiaan sisihkan terlebih dahulu.
  4. Untuk membuat sausnya, Anda bisa memakai wajan bersih kemudian panaskan air sampai mendidih.
  5. Tambahkan sedikit sisa air rendaman daging yang tadi sambil diaduk aduk.
  6. Tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit kemudian masak terus sampai menjadi kental.
  7. Masukan jamur, masak sampai jamur menjadi layu. Angkat kemudian dinginkan saus.
  8. Siapkan piring saji kemudian tata sayuran serta steak. Kemudian siramkan saus diatas steak daging sapi. Steak telah siap untuk dihidangkan.

Ketika proses pemanggangancara membuat steak sapi empuk, usahakan untuk tidak menekan atau memukul steak. Hal ini supaya daging tidak mengeluarkan cairan.  Memaksa untuk mengeluarkan juice daging akan membuat daging keras dan berasa tawar.

Demikian ulasan mengenai cara membuat steak sapi empuk yang enak dan nikmat. Silahkan coba juga cara membuat steak kentang untuk menghasilkan kreasi steak yang lain di rumah. Sekian artikel kali ini, Sampai jumpa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *