Cara Membuat Tahu Aci Kukus Khas Kota Tegal

Tahu aci adalah salah satu makanan khas dari kota tegal. Tahu aci sekarang sudah banyak di kenal oleh masyarakat luas. Kita bisa membuat tahu aci tersebut sendiri dan bisa juga kita membelinya di penjual tahu aci. Cara membuat tahu aci sangat lah mudah sekali, berikut ini cara membuatnya dengan cara di kukus.

Tahu Aci

cara membuat tahu aci

Tahu aci terdiri dari tahu kuning berbentuk persegi panjang, yang kemudian dipotong menyilang menjadi dua bagian. Kemudian bekas diberi adonan yang terbuat dari pati (aci), potongan daun kocai dan beberapa bumbu lainnya.

Mungkin kita terheran-heran mengapa Tahu Aci tersebut banyak diminati oleh penggemarnya. Menurut hasil pantauan InfoTegal dan dari nara sumber, yang membuat tahu aci tersebut enak adalah:

  • Tahu Kuningnya. Tahu ini ternyata hanya banyak terdapat di daerah Tegal. Apabila di daerah lain, antara tahu dengan adonannya tidak akan melekat dengan baik. Sehingga gampang lepas.
  • Cara penggorengannya. Menggunakan minyak goreng yang cukup banyak dengan menggunakan kompor minyak dengan api yang besar. Sehingga wajan yang digunakan pun harus besar. Api yang besar ini yang membuat tahu menjadi mengembang.
  • Minyak gorengnya. Semakin sering digunakan untuk mennggoreng tahu aci, minyak gorengnya ini juga ternyata akan membuat tahu menjadi lebih lezat.

Tahu aci biasanya jadi oleh-oleh yang paling digemari para ibu. Rata-rata mereka membeli tahu aci yang masih mentah tapi sudah diberi adonan. Jadi tinggal menggoreng saja. Ada juga yang namanya Tahu Pletok, sebenarnya Tahu Aci yang digoreng, dipotong-potong (tapi tidak pecah-pecah) dan digoreng lagi sampai agak kering.

Sangkin terkenal dengan Tahu Aci oleh Pemerintah Kabupaten Tegal, yang membuat patung Tahu Aci di perempatan Slawi Pos. Namun, situs tersebut ditutupi tanaman dan bendera pesta.

Manfaat Tahu

1. Menurunkan Kolestrol

Manfaat mengkonsumsi tahu bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsinya sebagai alternatif protein hewani dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (low density lipoprotein / LDL) dalam tubuh.

2. Diabetes Type 2

Penderita diabetes tipe 2 sering mengalami penyakit ginjal, yang menyebabkan tubuh mengeluarkan kelebihan protein melalui urin. Satu studi menemukan bahwa orang yang hanya makan protein kedelai mengeluarkan lebih sedikit protein daripada orang yang hanya makan protein hewani.

3. Menurunkan Resiko Kanker Prostat Dan Payudara

Pakar kesehatan mengatakan bahwa tahu mengandung isoflavon yang dapat mencegah kanker prostat dan kanker payudara. Tak hanya itu, kadar selenium yang mengandung antioksidan sangat tinggi dan dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Fungsi Ginjal

Berkat protein, terutama protein kedelai, tahu dapat meningkatkan fungsi ginjal dan bermanfaat bagi orang yang menjalani cuci darah atau transplantasi ginjal. Sebuah meta-analisis dari sembilan penelitian menunjukkan dampak positif kedelai pada beberapa penanda biologis pada orang dengan penyakit ginjal kronis. Ini mungkin karena kandungan proteinnya, tetapi juga pengaruhnya terhadap kadar lipid dalam darah.

5. Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah yang sehat, yang menyebabkan anemia. Sebuah penelitian yang dilakukan di China juga menunjukkan bahwa manfaat mengonsumsi tahu dapat membantu mengurangi risiko anemia pada orang dewasa.

Cara Membuat Tahu Aci Kukus

Bahan-bahan:

  1. 20 biji of tahu pong -+.
  2. 7 sendok of tepung tapioka.
  3. 3 sendok of tepung terigu.
  4. 4 siung of bawang merah.
  5. 2 siung of bawang putih.
  6. Daun bawang.
  7. 1 sdm of garam.
  8. 1/2 sdm of penyedap rasa.
  9. 1/4 sdm of merica.

Cara Membuat Tahu Aci Kukus:

  1. Potong miring tahu mjd 2 bagian, sisihkan..
  2. Uleg bawang putih dan bawang merah serta garam,merica,penyedap.
  3. Campur tepung tapioka,terigu,bumbu yg sdh dihaluskan dan bawang kdlam baskom lalu tmbhkan air panas sdikit” aduk hingga pulen kayak adonan pentol gitu.
  4. Masukan adonan tepung kedalam tahu lalu kukus -+ 20-25 mnt.
  5. Angkat dan siap sajikan dg saos.

Untuk pangsit, masukkan sisa adonan bakso ke dalam kulit pangsit lalu goreng. Itulah cara membuat tahu aci kukus khas kota tegal yang enak dan mudah. Anda juga bisa membuatnya dengan menggunakan mesin penepung diskmill serbaguna untuk membantu dalam proses pembuatanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *