Cara Memelihara Kambing yang Baik dan Benar Agar Sehat

Cara memelihara kambing yang baik dan benar  – Agar kambing peliharaan Anda tidak mudah terserang penyakit di rumah, Anda perlu menerapkan cara-cara merawat kambing berikut ini. Seperti diketahui, kambing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

Peternakan kambing di Indonesia sendiri masih dilakukan secara tradisional dan banyak orang hanya menjadikannya sebagai hasil sampingan.

Ingatlah bahwa mungkin sulit untuk mengatakan bahwa memelihara kambing sendiri. Jika perawatannya salah, kambing akan mudah sakit atau tidak berkembang sempurna.

Nah, bagi Anda yang berencana memelihara kambing di rumah, ada baiknya simak dulu cara merawat kambing berikut ini.

Baca Juga : cara membuat sambal pecel lele yang enak

5 Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk dan Tidak Mudah Sakit

Makanan dan Minuman

Seperti diketahui, salah satu makanan pokok kambing adalah rumput yang memenuhi kebutuhan sehari-hari. Itu tidak boleh diberi makan secara acak. Selain menyediakan rumput, Anda juga perlu menyediakan pakan jenis lain.

Tidak hanya pakan, air minum yang diberikan pada kambing juga harus diperhatikan. Pastikan air minum yang Anda berikan bersih agar tidak mengganggu kesehatan kambing.

Umumnya, seekor kambing dewasa membutuhkan 1,5-2,5 liter air minum dalam satu hari. Jadi pastikan Anda memberikan dosis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kambing. Apakah Anda tahu? Kambing akan tertekan jika dipelihara tanpa teman kambingnya, jadi kambing Anda harus dipelihara dengan pasangannya!

Mandikan Kambing Peliharaan

Selain memperhatikan makanan dan minuman kambing peliharaan anda, cara merawat kambing yang benar adalah dengan memandikan kambing secara rutin.

Tujuan memandikan kambing ini adalah untuk meningkatkan kesehatan kambing dan juga meningkatkan nilai jualnya. Ingatlah bahwa hewan peliharaan Anda harus mandi setidaknya dua kali setahun.

Dengan memandikan kambing peliharaan Anda secara teratur, Anda dapat mengharapkan kuman, parasit, dan jamur bersarang di tubuhnya.

Kambing yang bersih akan terlihat lebih sehat dan segar, sehingga harga jualnya juga akan lebih tinggi.

Pengendalian Penyakit

Tahukah Anda bahwa kambing merupakan salah satu hewan peliharaan yang rentan terhadap penyakit? Berbagai jenis penyakit sering terjadi pada kambing seperti kembung, cacingan, mata merah dan masih banyak lagi.

Selain itu, kambing juga sering mengalami masalah keracunan makanan, terutama untuk kambing yang dilepas. Lalu bagaimana cara merawat kambing tersebut?

Untuk memerangi beberapa penyakit ini, sangat penting untuk memelihara kambing dengan benar dan tepat. Untuk menjaga kesehatan kambing peliharaan dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain pemberian vaksinasi, pemberian vitamin dan antibiotik, dan lain sebagainya.

Pemotongan Kuku Kambing

Cara merawat kambing selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan memotong kuku pada kambing kesayangan anda. Umumnya tudung kambing ini dipotong untuk jenis kambing yang sering digantung di kandang.

Kambing di kandang memiliki pertumbuhan kuku yang lebih cepat daripada di penangkaran. Perhatikan bahwa terlalu banyak hal yang dihasilkan dari paku kotak yang terlalu panjang. Beberapa akibatnya adalah kesulitan berjalan, mudah patah dan menyebabkan infeksi dan luka, dan sebagainya.

Pilih Tempat Berkembang Biak yang Tenang

Tahukah Anda bahwa kambing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang membutuhkan lingkungan yang tenang dan nyaman. Suasana yang tenang pasti akan membuat kambing nyaman sehingga menambah nafsu makan.

Suasana yang tenang juga memungkinkan kambing terhindar dari stres yang dapat mempengaruhi nafsu makannya.

Jika nafsu makan hewan peliharaan Anda bermasalah, risiko terkena penyakit juga meningkat. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih lokasi peternakan yang jauh dari sumber kebisingan yang dapat mengganggu suasana kambing peliharaan Anda.

Baca Juga : Cara memelihara kambing

Sekian penjelasan saya tentang cara memelihara kambing yang baik dan benar. Berikut saya akan menjelaskan seputar pemeliharaan kambing yang baik dan benar. Apabila ada kelebihan dn kekurangan saya mohon maaf, semoga membantuu..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *