Cara Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Buah buahan merupakan asupan wajib bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Pasalnya, banyak senyawa yang dibutuhkan tetapi tidak diproduksi oleh tubuh. Jadi kita butuh asupan dari luar. cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk perlu anda ketahui. Karena biasanya seseorang akan membeli buah dalam jumlah banyak.

Namun Buahnya tidak akan habis dalam sehari dan tentunya harus disimpan untuk hari hari berikutnya. Nah, ini biasanya menjadi masalah bagi sebagian orang. Jika kita menyimpan buah dengan cara yang tidak tepat, tentunya buah akan cepat busuk dan rasanya pun akan rusak.

Cara Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Agar buah yang Anda simpan tidak cepat busuk, coba praktikkan 10 tips cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk ini.

Cara Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk dengan Memisahkan Buah

Saat membeli buah dalam jumlah banyak, biasanya seseorang akan mencampurkan buah yang sudah matang dengan yang setengah matang atau bahkan yang belum matang. Jadi, untuk menyimpan buah dengan tingkat kematangan yang berbeda, Anda harus memisahkannya. Usahakan untuk makan buah matang sesegera mungkin agar tidak membusuk.

Selain itu, Anda harus memeriksa kulkas atau lokasi penyimpanan buah secara rutin. Sisihkan buah yang sudah matang dan bahkan sudah mulai membusuk. Buah yang matang bisa mengeluarkan gas yang memicu pembusukan pada buah yang lainnya. Sehingga buah-buahan tersebut dapat menularkan penyakit lain seperti penyakit.

Simpan Buah di Tempat yang Kering

Tips selanjutnya adalah dengan menyimpan buah pada tempat yang kering. Kelembaban buah harus dijaga karena kandungan airnya membuatnya tetap segar. Jika kekurangan air, buah akan layu dan mengerut akibat penguapan.

Hindari mencucinya sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Tempatkan buah dalam wadah tertutup yang telah dialasi kertas untuk menyerap kelembapan di dalamnya.

Cara Menyimpan Alpukat Agar Tidak Matang dan Busuk

Alpukat merupakan salah satu buah yang paling cepat untuk matang. Alpukat hanya bisa disimpan dalam wadah yang tertutup. Sehingga terkadang sebagian orang membeli alpukat yang masih mentah untuk dinikmati dalam waktu lama.

cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk

Lantas, bagaimana cara menyimpan alpukat yang baik supaya tidak cepat matang? Anda akan membutuhkan kantong plastik kedap udara untuk melakukan ini. Masukkan alpukat ke dalam tas. Buang semua udara di dalamnya, jangan biarkan oksigen masuk ke dalamnya. Ini akan membuat proses pematangan lebih lambat. Selanjutnya masukkan buah yang sudah dibungkus tadi ke dalam lemari es.

Hemat Apel Dengan Kertas Pembungkus

Apel merupakan buah yang menghasilkan gas etilen yang bisa mempercepat proses pembusukan. Penyimpanan buah ini tidak boleh disamakan dengan buah yang lainnya. Pasalnya, buah lain akan menyerap gas etilen dan membusuk.

Untuk menyimpan apel, Anda perlu membungkus apel yang masih dalam kondisi baik dengan kertas atau koran. Jangan sampai buah saling bersentuhan karena bisa lebih cepat busuk. Membungkus setiap apel dapat mencegah kerusakan besar.

Sebelumnya, kita harus memilih selembar koran yang tidak berwarna. karena korang yang bertinta mengandung racun. Apel tidak perlu dibungkus hingga sangat rapat, yang penting buahnya tidak saling bersentuhan. Selanjutnya masukkan paket ke dalam wadah serta simpan di tempat yang sejuk.

Jangan Tumpuk Jeruk Saat Disimpan

Jeruk adalah salah satu buah yang paling mudah untuk disimpan. Buah yang satu ini membutuhkan ruangan yang dingin untuk menjaga kualitas dan kesegarannya. Kalau disimpan di suhu dingin seperti kulkas, jeruk bisa bertahan hingga sebulan lho. Namun, usahakan agar jeruk tidak menumpuk selama penyimpanan. Ini akan merusak buah di bawahnya.

Memakai Vacum Sealer

Usia buah yang divakum bisa tahan 3-5x lebih lama dari proses penyimpanan biasa. Proses vakum membuat bahan makanan menjadi bebas oksigen. Sementara bakteri serta jamur tidak bisa tumbuh tanpa oksigen. Inilah yang menjadikan vacuum sealer bisa memperpanjang usia buah. Kita bisa mendapatkan alat ini di rumahmesin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *