Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Kesehatan

Minyak kelapa banyak digunakan sebagai minyak pijat. Namun, ada berbagai manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan yang jarang diketahui oleh masyarakat. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Kesehatan

Pohon kelapa sangat mudah ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah pesisir. Tidak hanya buahnya saja, daun hingga batang kelapanya semua bisa dimanfaatkan. Berbagai produk kelapa populer, mulai dari bumbu masak hingga minyak pijat atau aromaterapi.

Selain di dalam negeri, virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni juga populer di luar negeri sebagai bahan alami yang sehat. Untuk lebih jelasnya, pelajari lebih lanjut tentang manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan cara menggunakannya berikut ini.

Khasiat Minyak Kelapa

Khasiat Minyak Kelapa Murni

1. Meningkatkan Kadar HDL (Kolesterol Baik)

Tidak hanya merndorong pembakaran lemak dan meningkatkan kesehatan jantung, mengonsumsi minyak kelapa juga meningkatkan high density lipoprotein (HDL) atau kadar kolesterol baik.

Hal ini dilakukan dengan mengurangi low density lipoprotein (LDL) atau kadar kolesterol jahat. Efek ini tentu saja bisa optimal bila dipadukan dengan konsumsi makanan bergizi dan sehat serta olahraga teratur.

2. Memiliki Efek Anti-Mikroba

Kamu mungkin pernah menemukan kadar minyak kelapa murni pada beberapa produk kecantikan, misalnya pembersih wajah, sabun mandi, atau makeup.

Hal ini tidak mengherankan bila kamu menganggap bahwa VCO memiliki sifat antimikroba untuk membunuh kuman. Bila digunakan dengan benar, minyak VCO juga dapat mencegah bakteri penyebab jerawat berkembang biak.

Selain itu, penelitian tabung reaksi juga menunjukkan bahwa minyak kelapa murni efektif membunuh bakteri Staphylococcus aureus penyebab infeksi jamur pada manusia.

3. Mendorong Pembakaran Lemak Tubuh

Manfaat minyak kelapa murni yang dikombinasikan dengan olahraga ringan mampu meningkatkan pembakaran lemak tubuh dan menghasilkan energi tambahan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 15 sampai 30 gram minyak kelapa murni setiap hari mampu meningkatkan pengeluaran energi sebesar 5% dari biasanya. Membakar lemak tidak hanya dapat menghasilkan energi tetapi juga mencegah obesitas atau kelebihan berat badan.

4. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Tidak seperti minyak kelapa biasa yang tinggi lemak jenuh, minyak kelapa murni yang dibuat dengan mesin VCO ini diperkaya dengan asam lemak yang membantu metabolisme tubuh, sehingga mencegah penumpukan lemak di arteri.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa kelompok penduduk di dunia, seperti di Sri Lanka atau masyarakat Kitavan di Papua Nugini, yang mengkonsumsi minyak kelapa murni dalam jumlah besar dan mempunyai kasus serangan jantung yang lebih sedikit.

5. Mengatasi Konstipasi

Konstipasi atau disebut juga sembelit merupakan suatu kondisi yang mengakibatkan seseorang buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Kondisi ini tentu saja bisa sangat mengganggu karena membuat perut terasa penuh.

Jika kamu mengalami masalah pencernaan, cobalah mengonsumsi sekitar satu hingga dua sendok makan minyak kelapa murni setiap hari.

6. Melindungi Kulit dan Rambut

Tidak hanya bisa dimakan, mengoleskan minyak kelapa murni ke kulit bisa membuatnya lebih halus dan bercahaya. Virgin coconut oil dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati, menyembunyikan flek hitam, dan memudarkan stretch mark.

Menggosok rambut menggunakan minyak kelapa juga bisa membuatnya terlihat berkilau dan tebal, menyehatkan akar rambut, dan melindunginya dari kerusakan akibat panas.

Untuk merasakan manfaat minyak VCO yang satu ini, kamu bisa mencoba cara membuat minyak vco sendiri yang mudah dan sederhana di rumah.

7. Menjaga Kesehatan Gigi

Tidak hanya bermanfaat untuk melindungi rambut dan kulit dari kerusakan, ternyata minyak kelapa murni bisa digunakan untuk menjaga gigi tetap kuat dan sehat.

Minyak ini dapat membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi. Meski begitu, kamu perlu menyikat gigi dan berkumur secara teratur untuk mencegah plak atau makanan menempel di sana.

Cara Konsumsi Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni dapat dikonsumsi langsung atau sebagai tambahan alami untuk smoothie atau salad. Cara menggunakan atau mengkonsumsi VCO tergantung tujuan :

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan dan metabolisme: konsumsi langsung VCO atau campurkan 1 sendok makan minyak kelapa murni dengan granola dan buah atau sayuran favorit kamu.
  • Merawat rambut: oleskan minyak kelapa murni ke batang rambut dan kulit kepala, pijat dan cuci dengan air.
  • Riasan tahan air: tuang di atas kapas dan usap dengan lembut area wajah yang ingin kamu bersihkan

Nah, itulah tadi berbagai manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan tubuh. Jika ingin membuat minyaknya sendiri, cukup gunakan mesin VCO dari rumah mesin agar minyak yang dihasilkan lebih berkualitas. Yuk, segera coba minyak kelapa murni dan rasakan manfaatnya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *