Prinsip Kerja Flowmeter Clamp On Ultrasonic

Pengukuran flow rate dengan manfaatkan ultrasonic flow mtr. melibatkan sebagian bagian peralatan sesuai dengan faedah dan tujuannya. Komponen selanjutnya berwujud alat pengirim (transmitter) dan penerima (receiver) untuk frekuensi akustik. Pada elemen pengirim, transducer bermanfaat membuat perubahan tegangan listrik frekuensi tinggi jadi getaran kristal (akustik). Sedangakan pada elemen penerima, transducer membuat perubahan getaran kristal (akustik) jadi tanda listrik.

 

Jenis fowmeter clamp on ultrasonic kebanyakan terdiri berasal dari sensor ultrasonic atau transducer dan flow pc atau ultrasonic transmitter. Fungsi d transducer ultrasonic adalah sebagai sensor guna mendetekasi kecepatan aliran air didalam pipa yang diteruskan ke ultrasonic flow transmitter.

Data setelah itu diolah dengan kalkulasi perhitungan jarak pada selisih selagi berasal dari pancaran gelombang suara ultrasonic sehingga di bisa velocity berasal dari ciran didalam pipa.

Dengan diperolehnya flow velocity yang di kalkulasi dengan luasan penampang pipa maka didapat flow rate dengan satuan unit volume per waktu. Rumusan simpel berasal dari langkah kerja ultrasonic dlam mendeteksi aliran bisa dicermati di bawah ini.

Flow meter clamp on ultrasonic untuk tipe transit time kebanyakan manfaatkan transducer dengan satuan pakai ( pair) tergantung akurasi yang diinginkan. Untuk tipe spesifik tersedia yang membawa jumlah transduer hingga 4 pair atau lebih, Hal ini kebanyakan digunakan untuk beroleh jumlah lintasan yang banyak, sehingga diperoleh lebih banyak informasi mengenai distribusi kecepatan aliran fluida pada pipa (flow profile) dengan tujuan menaikkan akurasi ultrasonic flow meter.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *