Seorang IRT mengelola bisnis ? Ini Tips nya

Sebenarnya Abi sih enggak marah tapi tatapannya enggak kuat deh. Seringnya sih aku pilih memakai uang spesial aku untuk menutupi kekurang anggaran rumah tangga, Alhamdulillah ada untungnya aku tetap bisa membuahkan uang sendiri. Ini sih tidak terjadi setiap bulan, ini terjadi sementara ada banyak diskonan di supermarket alhasil aku kalap belinya bersama asumsi untuk stock eh malah menjadi habis uang belanja bulanan.

Workshop #IbuBerbagiBijak2021

Huhuhu aku juga wanita yang lemah jika lihat diskonan. Saya tetap mesti banyak studi lagi sesuaikan keuangan biar gak keblablasan. Beruntung hari Rabu yang lalu tepatnya tanggal 28 Agustus 2019 di Noah’s Barn Cafe, aku berkesempatan ada di workshop #IbuBerbagiBijak2019 perihal Pengelolaan Keuangan untuk UMKM. Tema ini sesuai sekali untuk saya, dikarenakan aku sebenarnya idamkan mengawali lagi berbisnis maklum anak udah mau tiga menjadi mesti mencari pemasukan tambahan.

 

Rekomendasi :

Cara hasilkan uang melalui internet pun amat beragam, mulai dari menebak angka seperti di palu4d.com , karakter, memutar spin di slot depo via pulsa , atau account dengan level tinggi yang sesudah itu bisa dijual kepada gamers lain, maupun secara segera dengan menyelesaikan lebih dari satu misi.

 

Acara ini diisi oleh Mba Prita Ghozie, topik yang dibawakan Mba Prita terlalu jleb banget deh kena banget dan buat aku menjadi melek betapa pentingnya sesuaikan keuangan. Selama ini aku sebenarnya senantiasa cuek tidak memicu catatan keuangan untuk bisnis yang pernah aku jalanin, pantas saja ya bisnis aku gak senantiasa terjadi mulus.

Menurut Mba Prita dalam menjalankan bisnis bisnis independent kami mesti bisa tertata dalam kasus keuangan, senantiasa mencatat pengeluaran dan pemasukannya. Kebanyakan orang banyak yang lalai kasus ini, bisa menjadi dikarenakan mereka lupa atau malas mencatat atau mulai itu gak perlu. Dalam menjalankan bisnis tidak bisa mengfungsikan komitmen “Gimana nanti atau di sunda bilangnya kumaha engke” coret ya kesimpulan seperti ini jika idamkan bisnis kami bisa bertahan dan terus maju.

Yang Perlu diperhatikan Saat Memulai Usaha
Ada beberapa poin yang disampaikan Mba Prita dan aku rasa itu terlalu perlu sekali aku ketahui sampai aku catat cemas lupa soalnya. Saya dapat share yaa, dalam mengawali bisnis atau menjalankan bisnis ada beberapa yang mesti kalian menyimak :

1. Rencana Usaha
Awal mengawali bisnis rencanakan bisnis sematang bisa saja khususnya kasus keuangan.
* Pahami modal dan keperluan usaha
* Pertimbangan merupakan kunci dalam usaha. Seperti pertimbangan dalam pertimbangan pinjaman, jika membutuhkan dana untuk modal bisnis dan melakukan utang usahakan ditempat peminjaman yang terpercaya dan udah terdaftar di OJK Indonesia.

2. Manajemen Keuangan
Nah ini kami mesti apik dalam menjalankan bisnis keliru satunya mesti tertata dalam kasus manajemen keuangan.
*Perhatikan arus kas seperti untuk modal kerja, pembayaran pinjaman, operasional usaha, pembelian barang, dll.
* Pahami situasi keuangan kalian. Kalian mesti bisa sesuaikan bersama situasi keuangan kalian, malah jika bisa dalam modal bisnis tidak sampai melakukan pinjaman.
* Laporan keuangan usaha, catat seluruhnya seperti neraca dan laporan laba rugi.

3. Usaha dan Pribadi
Mungkin bisnis yang kami melakukan sebatas bisnis rumahan tapi sebisa bisa saja pengelolaannya mesti senantiasa profesional. Biasanya yang menjadi persoalan seseorang dalam menjalankan bisnis adalah tidak mengatasi kas spesial dan kas usaha. Uang hasil bisnis sebaiknya dipisahkan bersama kas pribadi, jangan sampai modal terpakai untuk keperluan pribadi.

Dan satu kata-kata yang kena banget di aku adalah “Biggest isn’t always better” tidak mesti iri lihat bisnis orang lain yang lebih besar dikarenakan yang besar tidak senantiasa lebih baik. Jadi fokus saja bersama bisnis bisnis yang kami jalanin. Memang sih kadang aku senang berpikir “si A usahanya sama tapi udah besar ya, koq aku ada masalah ya” OK aku hapus kesimpulan seperti ini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *