Tips Membersihkan Sofa Kulit

Salah satu bahan sofa selain dari kain ialah menggunakan bahan kulit  yang sangat nyaman dan juga kuat, namun perlu diperhatikan secara khusus mengenai cara membersihkannya agar tidak justru membuatnya jadi rusak. Berikut ini tips membersihkan sofa kulit.

baca juga: laundry sofa tangerang

Bersihkan Debu Kering dengan Lap Kering dan Kemoceng

Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada sofa kulit sesegera mungkin dan sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala dengan menggunakan kemoceng dan lap kain kering berbahan lembut seperti microfiber atau kain handuk yang lembut serta berwarna putih agar warna kain lap tidak melunturi sofa kulit. Usap dan tepuk-tepukkan  dengan ringan, dan hati-hati dengan penggunaan kemocengnya, jangan sampai menimbulkan goresan pada permukaan sofa kulitnya. Penggunaan lap kering dari kain lembut berwarna putih lebih disarankan. Untuk membersihkan debu kering dan berbagai bulu hewan atau rambut rontok, atau remahan roti atau serpihan keripik dan sisa makanan yang lainnya yang jatuh di sofa kulit, maka bisa juga sedot sofa kulit dengan vacum cleaner. Jangan lewatkan sudut-sudut dan bagian lipatan juga bagian sofa kulit yang tak terlihat, bisa lepas dulu bagian-bagian sofanya selama proses pembersihan. Gunakan ujung penyedot debu yang dipasangi kuas lembut jangan gunakan langsung tanpa dipasangi kuas lembut supaya tidak membuat goresan pada sofa kulit. Supaya lebih teliti maka bisa juga menggunakan selotip untuk mengangkat bulu-bulu hewan dan kotoran halus yang masih menempel di sofa kulit.

baca juga: cuci sofa tangerang

Bersihkan Debu yang Menemlel dengan Lap Basah

Lalu perhatikan dan cek kondisi sofa kulit jika masih terdapat noda kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan maka bisa gunakan lap basah, bisa juga menggunakan lap basah yang dicampur dengan menggunakan sabun cuci piring atau cairan detergen atau sabun cair atau cairan pembersih khusus untuk sofa kulit. Pastikan bahwa cairan pembersih tambahan tersebut aman digunakan untuk bahan kulit  dalam arti tidak akan membuat bahan kulit mengelupas ataupun menjadi berubah warna. Lakukan secara lembut dengan tekanan sapuan yang ringan secara berulang-ulang  jangan tekan atau gosok terlalu keras. Jangan lewatkan juga bersihkan pada bagian lipatan dan pada bagian sambungan jahitannya yang sering terlupakan. Jangan gunakan sikat untuk membersihkan sofa kulit agar tidak menggores, cukup gunakan saja lap basah. Pilih kain lap basah yang lembut dan dalam warna putih.

Jangan Jemur Sofa Kulit

Tak perlu menjemur sofa kulit di terik sinar matahari, atau menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya, cukup angin-anginkan saja hingga sifa kulit kering dengan sendirinya.

Tutup sofa kulit dengan kain atau lembaran plastik jika tidak akan dipergunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Lalu supaya sofa kulit tidak mudah menjadi pecah-pecah atau retak maka bisa secara berkala tiga bulan sekali diolesi dengan lotion pelembab yang netral dan tidak berwarna.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *