Cari Tahu Bagaimana Usaha Air Minum Isi Ulang Peluang Bisnis Bagus

usaha air minum isi ulang

Usaha air minum isi ulang – Air merupakan kebutuhan pokok yang harus ada di dalam rumah tangga atau di rumah. Airnya bisa digunakan untuk segala macam kegiatan di sekitar rumah, mulai dari minum setelah atau sebelum makan, hingga memasak, membuat aneka makanan dan masih banyak lagi. Tanpa air, kita tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi dalam hidup kita.

Dulu orang tua kita mendapatkan air minum dari air mendidih, air dari sumur, atau dari sungai. Tapi sekarang sudah jarang kita temukan bahkan sudah tidak kita temukan lagi, hal ini dikarenakan saat ini banyak terdapat air mineral dalam kemasan atau air isi ulang.

Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat menginginkan sesuatu yang praktis dan cepat, oleh karena itu dalam hal ini mereka lebih memilih untuk membeli air siap minum daripada harus mengambil air dan merebusnya sendiri, apalagi harus menunggu airnya dingin dan baru bisa diminum.

Sangat tidak praktis dan memakan waktu. Padahal sekarang ada depot yang menyediakan air minum yang aman dan dapat ditempatkan langsung ke dispenser melalui galon.

Baca Juga : Begini Proses Penyulingan Air Laut Dengan Teknologi Sederhana

Usaha yang layak untuk dicoba

Usaha isi ulang air minum merupakan usaha yang mudah dikelola, namun juga menjanjikan manfaat yang melimpah, apalagi dengan minimnya ketersediaan air minum terutama di kota-kota besar, baik akibat pencemaran maupun peningkatan kebutuhan masyarakat akibat pertambahan penduduk dan lain sebagainya.

Saat ini sudah banyak depot air mineral yang isi ulang, air minum isi ulang RO atau air mineral biasa. Kebanyakan orang melihat peluang ini dan menjadikan pengisian ulang air sebagai bisnis sampingan. Dari ibu rumah tangga hingga karyawan atau pengusaha.

Hal ini dikarenakan untuk memulai usaha ini tidak membutuhkan dana yang besar, tidak dibutuhkan lahan yang luas, hanya teras rumah dan cara mendapatkannya pun mudah, selain itu konsumen juga bertebaran dimana-mana. jadi tidak perlu. bingung mencari konsumen.

Padahal, saat ini banyak tersedia sistem waralaba atau kemitraan untuk usaha isi ulang air minum ini. Oleh karena itu bagi para pemula yang belum mempunyai modal cukup dan ingin mempermudah dan praktis menjalankan bisnis ini, dapat melakukan bisnis dengan sistem ini.

Faktor yang mempengaruhi bisnis menjanjikan

usaha air minum isi ulang

Usaha air minum isi ulang akan selalu berkembang. Ada beberapa faktor mengapa bisnis ini menjanjikan dimasa akan datang:

  • Air minum merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat dalam setiap harinya.
  • Semakin banyak kantor, pabrik, dan tempat kerja baru bermunculan bahkan dipinggir pemukiman sekalipun. Air minum yang praktis merupakan kebutuhan wajib bagi pekerja.
  • Banyak orang tua (ayah dan ibu) yang bekerja penuh waktu untuk mengumpulkan uang tidak punya waktu untuk menyiapkan air siap minum.
  • Bahan baku air minum semakin sulit didapat karena air sumur / air tanah / air ledeng di beberapa tempat berbau, berasa atau berwarna sehingga tidak cocok untuk memasak.
  • Semakin banyak keluarga yang menyadari kualitas air minum merupakan penunjang hidup sehat.

Artikel lainnya yang mungkin anda suka Simak Tips dan Cara Membuat Minyak Kelapa Dara

Strategi yang perlu disiapkan untuk memulai usaha air minum isi ulang

Memulai bisnis memang tidak mudah, apalagi anda seorang pemula dan akan membuka usaha akan sulit untuk menyediakan produk anda jika tidak disertai kemauan dan keuletan, bahkan akan menghadapi kendala.

Jika anda tidak bisa bertahan, anda akhirnya akan menyerah dan berhenti di tengah jalan. Paling buruk, bahkan mungkin menyerah sebelum anda mulai.

Oleh karena itu, sebelum memulai usaha air minum isi ulang ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal dengan cermat dan jelas secara detail. Diantaranya, perhatikan juga strategi memenangkan kompetensi bisnis. Mari kita simak beberapa langkah berikut ini:

1. Pilih lokasi yang benar
Usaha air isi galon cocok untuk daerah yang membutuhkan ketersediaan air dengan harga murah. Contoh: Lokasi usaha padat karya, contoh: pembangunan jalan, gedung, UMKM pada sektor produktif

Permukiman yang kesulitan air bersih untuk memasak dan mayoritas penduduknya berpenghasilan rendah hingga menengah.

2. Dapatkan izin dari dinas kesehatan.
Umumnya, penyedia waduk air minum membantu mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan. Namun jika tidak, Anda harus mengurusnya sendiri, apalagi jika Anda membeli peralatan tersebut secara terpisah.

3. Jaga kebersihan tempat kerja dan kemasan air pengisi agar tidak terkontaminasi bakteri.
Jaga kualitas air dengan memilih sumber air yang benar-benar bersih dan baik. Rajin-rajinlah membersihkan FRP-mu, jangan sampai berlumut. Menjaga kualitas air minum. Kirim pesanan Anda dengan cepat. Berikan jam kerja yang jelas untuk karyawan Anda dan komunikasikan kepada konsumen.

4. Aktif dalam promosi
Promosikan bisnis Anda baik online maupun offline, tetap bersemangat, terutama menjelaskan kualitas air Anda. Salah satunya dengan memberikan layanan pinjaman galon gratis bagi nasabah yang baru pertama kali, karena galon umumnya cukup mahal bagi konsumen yang tidak memiliki galon tersedia. Lampirkan salinan izin dari dinas kesehatan terkait untuk membangun kepercayaan konsumen.

Baca Juga : Cara Membuat Boba dari Nutrijel dan Tepung Terigu

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *